Kusumaningtyas, Fitria Esthi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Upaya Peningkatan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Structure (PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Ganjil SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_skripsi.pdf Download (766kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I_ACC.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II__ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (583kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 31 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII E. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaksi yang terdiri dari reduksi data, Display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kerjasama siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) komitmen siswa dalam kerja kelompok sebelum tindakan 52 % dan setelah tindakan 90,32 %, 2) tanggung jawab dalam kerja kelompok sebelum tindakan 52 % dan setelah tindakan 83,87 %, dan 3) interaksi siswa yang promotif dalam kerja kelompok sebelum tindakan 56 % dan setelah tindakan 80,65 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Structured dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerjasama, pembelajaran kooperatif, Numbered Head Structured |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 12:18 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27460 |
Actions (login required)
View Item |