ARIFIADI, WAHYU DWI and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2013) Penerapan Pembelajaran Uret Susu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong Dengan Pembelajaran Mendengarkan Cerita Sandiwara Pada Rekaman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (726kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (57MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode Uret Susu di kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan angket. Alat pengumpulan data meliputi lembar kerja siswa, rekaman, pedoman observasi dan pedoman angket. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode Uret Susu dapat meningkatkan kemampuan Berbicara di depan kelas pada siswa kelas X.2 SMA Muhammadiyah 4 Andong dalam pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara pada rekaman. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa pada kondisi awal adalah 14 siswa (44%), siklus I sebanyak 22 siswa (69%), dan siklus II sebanyak 30 siswa (94%). (2) Setelah menggunakan metode Uret Susu keaktifan siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara pada rekaman. berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I ke siklus II meningkat lebih baik, yakni pada siklus I nilai keaktifan siswa sebesar 66,66 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 86,66 (kategori sangat baik). Dari hasil ini, metode Uret Susu dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran aktif yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar meningkat, terutama dalam pembelajaran mendengarkan cerita sandiwara.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | uret susu, berbicara, mendengarkan rekaman cerita sandiwara |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 12:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27449 |
Actions (login required)
View Item |