Widayati, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Matematika Di SD N 4 Krajankulon Kaliwungu Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (316kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lamnpiran)
09._LAMPIRAN_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keterampilan guru dalam penciptaaan dan pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal dalam pembelajaran matematika di SD N 4 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. (2) Keterampilan guru dalam pengendalian kondisi belajar dalam pembelajaran matematika di SD N 4 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD N 4 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil dari penelitian ini (1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas terbagi menjadi dua jenis. Keterampilan guru dalam penciptaaan dan pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal dalam pembelajaran matematika diawali dengan adanya sikap tanggap yang ditunjukkan oleh guru terhadap aktivitas siswa dalam kelas. Pengelolaan kelas yang efektif juga terjadi apabila guru dapat membagi maupun memusatkan perhatian yang dimilikinya. Kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar apabila guru mampu memberikan petunjuk yang jelas pada saat KBM sedang berlangsung. Dalam pengelolaan kelas guru dapat memberikan teguran atas tingkah laku yang ditunjukkan oleh siswa. Guru juga dapat memberikan penguatan kepada siswa untuk lebih aktif lagu dalam kegiatan pembelajaran. (2) Keterampilan guru dalam pengendalian kondisi belajar dalam pembelajaran matematika berhubungan dengan tanggapan guru terhadap gangguan yang dialami siswa. Guru dapat mengadakan tindakan untuk mengembalikan kondisi belajar agar tetap optimal. Startegi yang dapat dilakukan oleh guru antara lain memodifikasi tingkah laku siswa, dimana dapat melakukan kerjasama dengan guru yang lain. Selain itu guru juga dapat mengajarkan perilaku yang baik kepada siswa melalui pembiasaan. Strategi yang terakhir adalah menemukan dan memecahkan tingkahlaku siswa melalui tindakan penguatan atau hukuman.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, pembelajaran, pengelolaan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 12:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27395 |
Actions (login required)
View Item |