Muchtar, Hasbi Abdullah and , M.Toharudin,M.I.Kom and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2013) Manajemen Krisis Instansi Pemerintahan (Studi Deskriptif Kualitatif Fungsi Humas Dalam Penanganan Kasus Pemerasan Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea & Cukai Soekarno Hatta Jakarta Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (518kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (189kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bea & Cukai merupakan instansi pemerintahan dibawah kementrian keuangan Indonesia yang secara khusus pekerjaannya yakni mengelola bea masuk/ pajak negara. Kantor Bea & Cukai Soekarno Hatta dalam menjalankan aktivitasnya tidak jauh dari tindakan kriminal yang dilakukan oleh pegawai kantorsendiri, dimana salah satu oknum pegawai melakukan tindak pidana korupsi yang tergolong dalam penipuan/ pemerasan, sehingga menjadikan seksi PLI sebagai ujung tombak dalam menangani kendala manajemen krisis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi sebagai humas dalam usahanya dalam menangani masalah manajemen krisis yang dialami kantor Bea & Cukai Soekarno Hatta.Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif yang memaparkan mengenai tahapan manajemen krisis yang dijalankan oleh seksi PLI di kantor Bea & Cukai Soekarno Hatta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur dan observasi nonpartisipan. Sumber data menggunakan purposive sampling dengan empat informan yang terdiri dari seksi PLI. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik validitas data yakni menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi memiliki peran penting dalam mengatasi masalah manajemen krisis yang berupa tindak pidana korupsi tergolong kasus pemerasan/ penipuan yang dilakukan oleh oknum pegawai kantor. Peran seksi PLI sebagai humas terletak pada fungsinya menjadi penghubung antara pihak kantor dengan masyarakat khususnya pengguna jasa/ stakeholder, ppjk dan pengguna bandara. Hal tersebut terlihat dari usaha yang dijalankan terbilang sukses dengan bea masuk/ pajak yang mencapai target dan dalam menangani masalah manajemen krisis instansi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humas, Krisis, Bea & Cukai Soekarno Hatta |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 12:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27363 |
Actions (login required)
View Item |