Pradita, Niken Dina and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Pada Remaja (Studi Korelasi Antara Penggunaan Pembelejaran E-learning Terhadap Perilaku Penggunaan Internet Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (178kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (246kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (245kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
Abstract
Remaja fase adolencence rentan usia 16 sampai 20 tahun yang merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini remaja merasa ingin mencoba hal-hal yang baru dan mudah terpengaruh teman sebayanya. Remaja dalam penggunaan internet juga mudah terpengaruh dari teman sebaya,mereka belum mampu menyaring hal yang buruk dan hal yang baik. Apalagi remaja sekarang ini mendapat tuntutan dari sekolah untuk mencari bahan pembelajaran maupun bahan tugas melaui internet atau yang disebut pembelajaran e-learning. Selain penggunaan pemeblajaran e-learning, penggunaan media lain sebagai media pembelajaran juga masih digunakan. Melihat fenomena ini mendorong peneliti untuk mengetahui adakah hubungan pembelajaran e-learning terhadap perilaku penggunaan internet pada siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo. Metode yang dalam penelitian ini adalah metode survei, yaitu penelitiaan yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif, dimana peneliti menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau lebih konsep varibel. Teknik analisis untuk mencari koefisien antara data ordinal atau interval dan data ordinal lainnya digunakan alat ukur: Korelasi Rank-Order (Spearman’s Rho Rank Order Correlations). Hasil analisis korelasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,873 (materi pembelajaran) dan 0,778 (bahan tugas sekolah) dengan signifikansi p<α (0,000<0,05) diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin tinggi penggunaan internet untuk akses materi pembelajaran dan bahan tugas sekolah (pembelajaran e-learning) , maka semakin tinggi pula perilaku penggunaan internet.Untuk penggunaan medaia lain terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media lain dengan perilaku penggunaan internet. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar negatif -0,698. Artinya semakin tinggi penggunaan media lain, maka semakin rendah perilaku siswa dalam menggunakan internet.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, perilaku penggunggunaan internet, remaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 12:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27361 |
Actions (login required)
View Item |