Perbedaan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah Setelah Mendapat Penyuluhan dengan Menggunakan Strategi Berbeda (Media Permainan Edukatif Ular Tangga dan Metode Ceramah) di SD N Soropadan Karangasem Surakarta

Putri, Aprina Ria and , Dyah Intan Puspitasari, S.Gz., M.Nutr and , Ruli Sudaryanto, S.ST (2013) Perbedaan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah Setelah Mendapat Penyuluhan dengan Menggunakan Strategi Berbeda (Media Permainan Edukatif Ular Tangga dan Metode Ceramah) di SD N Soropadan Karangasem Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_aprin.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Survei awal di SD N Soropadan Karangasem menunjukkan tingkat pengetahuan anak sekolah tentang keamanan makanan jajanan sekolah sebesar 50% masih rendah.Oleh karena itu diperlukan suatu strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan sekolah pada anak sekolah dasar. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan anak sekolah dasar tentang keamanan makanan jajanan sekolah setelah mendapat penyuluhan dengan menggunakan strategi berbeda ( media permainan edukatif ular tangga dan metode ceramah) di SD N Soropadan Karangasem Surakarta Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design( eksperimen semu), dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dan IV yang berjumlah 74.Sampel siswa berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 62 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan.Uji statistik yang digunakan adalah t-test independent. Hasil Penelitian diketahui bahwa perbandingan tingkat pengetahuan kedua kelompok rata-rata adalah baik. Hal tersebut ditunjukkan pada kelompok yang diberikan penyuluhan dengan metode ceramah terdapat 77,4% sampel berpengetahuan baik dan pada kelompok yang diberikan penyuluhan dengan metode permainan edukatif adalah 87,1%. Berdasarkan hasil t-test independent adanya perbedaan pengetahuan anak sekolah dasar tentang keamanan makanan jajanan sekolah setelah mendapat penyuluhan dengan menggunakan strategi berbeda ( media permainan edukatif ular tangga dan metode ceramah), dengan nilai signifikasi (p-value) sebesar 0.024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan edukatif ular tangga, Keamanan makanan jajanan sekolah, Pengetahuan anak sekolah dasar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Jan 2014 12:22
Last Modified: 17 Sep 2022 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item