Putri, Aprina Ria and , Dyah Intan Puspitasari, S.Gz., M.Nutr and , Ruli Sudaryanto, S.ST (2013) Perbedaan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah Setelah Mendapat Penyuluhan dengan Menggunakan Strategi Berbeda (Media Permainan Edukatif Ular Tangga dan Metode Ceramah) di SD N Soropadan Karangasem Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_aprin.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (676kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
Abstract
Survei awal di SD N Soropadan Karangasem menunjukkan tingkat pengetahuan anak sekolah tentang keamanan makanan jajanan sekolah sebesar 50% masih rendah.Oleh karena itu diperlukan suatu strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan sekolah pada anak sekolah dasar. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan anak sekolah dasar tentang keamanan makanan jajanan sekolah setelah mendapat penyuluhan dengan menggunakan strategi berbeda ( media permainan edukatif ular tangga dan metode ceramah) di SD N Soropadan Karangasem Surakarta Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design( eksperimen semu), dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dan IV yang berjumlah 74.Sampel siswa berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 62 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan.Uji statistik yang digunakan adalah t-test independent. Hasil Penelitian diketahui bahwa perbandingan tingkat pengetahuan kedua kelompok rata-rata adalah baik. Hal tersebut ditunjukkan pada kelompok yang diberikan penyuluhan dengan metode ceramah terdapat 77,4% sampel berpengetahuan baik dan pada kelompok yang diberikan penyuluhan dengan metode permainan edukatif adalah 87,1%. Berdasarkan hasil t-test independent adanya perbedaan pengetahuan anak sekolah dasar tentang keamanan makanan jajanan sekolah setelah mendapat penyuluhan dengan menggunakan strategi berbeda ( media permainan edukatif ular tangga dan metode ceramah), dengan nilai signifikasi (p-value) sebesar 0.024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan edukatif ular tangga, Keamanan makanan jajanan sekolah, Pengetahuan anak sekolah dasar |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3 |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 02 Jan 2014 12:22 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 06:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27258 |
Actions (login required)
View Item |