Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SDN Sambirejo 02 Tahun 2013/2014

Ristianti, Dwi and , Drs Rubino Rubiyanto, M.Pd., (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SDN Sambirejo 02 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
1._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 02 yang berjumlah 20 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis interaktif dan analisis diskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari pra siklus siswa yang tuntas ada 8 anak atau 40 %, siswa yang belum tuntas ada 12 anak atau 60 %, pada siklus I siswa yang tuntas ada 10 anak atau 50 %, siswa yang belum tuntas ada 10 anak atau 50 %, dan pada siklus II siswa yang tuntas ada 20 anak atau 100%, siswa yang belum tuntas tidak ada atau 0 %. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together mampu meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 02.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:15
Last Modified: 31 Oct 2021 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26996

Actions (login required)

View Item View Item