Zwestikha, Shinta and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 01 Pati Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9.__NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
0.__HALAMAN_SAMPUL.pdf Download (301kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1_PENDAHULUAN.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.__BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_SKRIPSI_revisi_3_sept_2013.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
PDF (Bab V)
6.__BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.__LAMPIRAN__1_s.d._11_EDIT.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode role playing. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kayen 01 yang berjumlah 21 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai unjuk kerja dan hasil observasi motivasi siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada Siklus I persentase rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 66,7% (kategori “motivasi tinggi”) dan Siklus II sebesar 88,9 (kategori “motivasi sangat tinggi”). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode role playing mampu meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Kayen 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013-2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Role Playing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 12:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26991 |
Actions (login required)
View Item |