Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Melalui Pemanfaatan Media Cetak Majalah BOBO Pada Siswa Kelas II SDN Langenharjo Kecamatan Margorejo Kab. Pati

Sugiyono, Aptri and , Dr. Samino MM (2013) Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Melalui Pemanfaatan Media Cetak Majalah BOBO Pada Siswa Kelas II SDN Langenharjo Kecamatan Margorejo Kab. Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
4._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
5._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
7._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa melalui pemanfaatan media cetak majalah BOBO pada siswakelas II SDN Langenharjo 02 Margorejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Langenharjo 02 dan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar IPS kelas II di dalam kelas. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui dokumentasi, tes, wawancara dan observasi. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap. Yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kuntitatif. Sebelum pelaksanakan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 56. Dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 63,5. Dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 77,2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cetak majalah Bobo dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas II SDN Langenharjo 02 Margorejo. Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi pengalaman menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan; majalah Bobo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:04
Last Modified: 31 Oct 2021 07:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26985

Actions (login required)

View Item View Item