Hati, Ciput Suliestyaning and , Drs. Drasinah, M.Si. (2014) Perbedaan Kreativitas Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Anak Kelompok B TK Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf Download (526kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui perbedaan kreativitas ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok B TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian diskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK kelompok B Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo berjumlah 43 TK dari 14 Kelurahan dengan jumlah siswa sebanyak 1121 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak Kelompok B sebanyak 5 TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, yaitu TK Desa Pondok, TK Desa Langenharjo I, TK Tunas Harapan I, TK Al Hidayah V, dan TK Kencana Sari II dengan jumlah siswa 110 anak dan yang dijadikan sebagai sempel sebanyak 55 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orangtua (demokratis, otoriter, dan pernisif) yang diisi oleh orangtua anak dan observasi untuk mengukur tingkat kreativitas anak dengan sering tidaknya anak melakukan kegiatan sesuai indicator pada saat disekolah. Analisis data yang digunakan adalah Anova (One Way Anova). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Diketahui ada perbedaan kreativitas ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok B TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Perbedaan ditunjukkan dari hasil F sebesar 3,304 dengan taraf signifikan p = 0,045 jadi p < 0,05. Berdasarkan perhitungan mean kreativitas, menunjukan bahwa pola asuh demokratis menghasilkan kreativitas lebih tinggi yaitu 37,37 dibandingkan dengan pola asuh otoriter sebesar 36,15 dan pola asuh permisif sebesar 32,43 dengan demikian kreativitas anak dengan pola asuh demokratis lebih tinggi dibanding dengan pola asuh otoriter dan permisif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Pola Asuh Orangtua |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 12:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26977 |
Actions (login required)
View Item |