Amborowati, Eri and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Ketrampilan Meringkas Isi Bacaan Cerita Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas V SDN Sumbersoko 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (350kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (210kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.__BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
2.__BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
3.__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
5.__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
6.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
7.__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita melalui model pembelajaran reading guide. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V SDN Sumbersoko 02 pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan satu kali pertemuan dan siklus kedua juga dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas V SDN Sumbersoko 02 yang berjumlah 24 siswa dan obyeknya adalah ketrampilan meringkas isi bacaan cerita serta model pembelajaran reading guide.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator ketrampilan meringkas isi bacaan cerita adalah sebagai berikut:(1) kesesuaian ringkasan isi buku; (2) penggunaan bahasa Indonesia;(3) penyajian alur cerita atau sistematika penulisan cerita. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita kelas V SDN Sumbersoko 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reading guide. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui ketrampilan meringkas isi bacaan cerita rendah dengan presentase 31%. Pada siklus I terdapat ketrampilan meringkas isi bacaan cerita sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung siswa 53,5% dan pada siklus II ketrampilan meringkas isi bacaan cerita sangat baik dengan presentase 82%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita dengan penerapan model pembelajaran reading guide.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, ketrampilan meringkas isi bacaan cerita, model pembelajaran reading guide |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 11:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26976 |
Actions (login required)
View Item |