Lestari, Sri Pudji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (354kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi make a match. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati yang berjumlah 19 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, Observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dilihat dari indikator motivasi belajar pada siklus I 42,10% dan siklus II 94,73%, keinginan membantu teman,kelompok belajar pada siklus I 63,15% dan siklus II 94,73%, keinginan menyelesaikan tugas dan masalah yaitu pada siklus I 64,15% dan siklus II 94,73%, kemauan bertanya terhadap materi yang belum dikuasai pada siklus I 31,57% dan siklus II 78,94%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi make a match mampu meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, strategi-pembelajaran make a match, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 07:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26969 |
Actions (login required)
View Item |