Astuti, Ririn Puji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas IV SDN Jontro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (602kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui model pembelajaran creative problem solving . Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jontro yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah : Mereduksi, paparan data dan kesimpulan. Hasil kesimpulan akhir dilakukan refleksi untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Prosedur penelitian meliputi siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Dilihat dari indikator aktivitas belajar siswa. Dilihat dari perhatian siswa terhadap penjelasan guru pada siklus I 40% dan siklus II 83%, kerjasama dalam kelompok pada siklus I 40 % dan siklus II 71%, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok pada siklus I 50 % dan siklus II 79%, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat pada siklus I 40 % dan siklus II 70%, memberi gagasan yang cemerlang pada siklus I 33% dan siklus II 72%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran creative problem solving mampu meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Jontro.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, model pembelajaran, creative problem solving, mata pelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 12:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26934 |
Actions (login required)
View Item |