Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas IV SDN Jontro

Astuti, Ririn Puji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas IV SDN Jontro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui model pembelajaran creative problem solving . Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jontro yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah : Mereduksi, paparan data dan kesimpulan. Hasil kesimpulan akhir dilakukan refleksi untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Prosedur penelitian meliputi siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Dilihat dari indikator aktivitas belajar siswa. Dilihat dari perhatian siswa terhadap penjelasan guru pada siklus I 40% dan siklus II 83%, kerjasama dalam kelompok pada siklus I 40 % dan siklus II 71%, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok pada siklus I 50 % dan siklus II 79%, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat pada siklus I 40 % dan siklus II 70%, memberi gagasan yang cemerlang pada siklus I 33% dan siklus II 72%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran creative problem solving mampu meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Jontro.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, model pembelajaran, creative problem solving, mata pelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:05
Last Modified: 27 Oct 2021 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26934

Actions (login required)

View Item View Item