Mediyanto, Tri and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Penerapan Strategi Poster Session Melalui Pendekatan Numered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (475kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran_Full_Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi_Full.pdf Download (364kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Poster Session melalui pendekatan NHT. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan . Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 16,66% dan diakhir tindakan menjadi 72,22%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 19,44% dan diakhir tindakan menjadi 66,66%, 3) menyampaikan ide sebelum tindakan sebesar 22,22% dan diakhir tindakan menjadi 61,11%, dan 4) melakukan presentasi didepan kelas sebelum tindakan sebesar 8,33% dan diakhir tindakan menjadi 55,55%. Tingkat ketuntasan siswa dengan KKM = 65 sebelum tindakan sekitar 19,44% dan diakhir tindakan menjadi 69,44%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Poster Session melalui pendekatan NHT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi poster session, numered head together, kemampuan komunikasi matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2013 12:30 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26890 |
Actions (login required)
View Item |