Nugroho, Ary Dwi and , Drs. Ma'ruf, MM (2013) Analisis Tingkat Loyalitas Konsumen Terhadap Kartu simPATI (Studi Kasus Pada Pengunjung GraPARI Telkomse Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (542kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap kartu simPATI. Lokasi penelitian yang dipilih adalah GraPARI Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan metode analisis statistik deskfiptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui pengumpulan data dengan teknik kuesioner. Menurut Rangkuty (2002) loyalitas mempunyai beberapa tingkatan, yaitu: Switcher Buyer, Habitual Buyer, Satiesfied Buyer, Liking the Brand dan Commited Buyer. Dari dasar tingkatan loyalitas tersebut, maka diambil hipotesis bahwa sebagian besar konsumen pengguna kartu simPATI termasuk ke dalam tipe Satiesfied Buyer, kemudian secara bertururt-turut dapat diklasifikasikan ke dalam tipe commited buyer, habitual buyer, liking the brand dan sedikit sekali yang termasuk dalam switcher buyer. Dari hasil analisis terhadap tingkat loyalitas konsumen kartu simPATI, diperoleh hasil bahwa 44% konsumen kartu simPATi termasuk dalam tipe satiesfied buyer, nilai rata -rata yang dihasilkan sebesar 3,43% menunjukkan bahwa semua konsumen tipe ini (satiesfied buyer) setuju dengan segala atribut dan produk yang dikemas dan ditawarkan oleh kartu simPATI. Hal ini berarti membuktikan hipotesis kedua yang digunakan, dimana dinyatakan bahwa satiesfied buyer merupakan tipe konsumen yang peling dominan. Sedangkan untuk konsumen dengan tipe commited buyer yang secara umum menjadi tipe konsumen yang diharapkan oleh setiap perusahaan, menempati tingkat kedua dengan jumlah konsumen sebanyak 43%. Keberadaan konsumen dengan tipe habitual buyer merupakan memberikan nilai tambah dan tantangan tersendiri untuk perusahaan, karena apabila perusahaan dapat mengelola dan memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan yang diingkannya , maka konsumen tipe ini dapat dialihkan menjadi konsumen dengan tipe yang lebih baik. Meskipun tipe konsumen switcher buyer memiliki prosentase terkecil di antara tipe konsumen kartu simPATI yaitu 35% , hal ini perlu diperhatikan dan diwaspadai oleh perusahaan, mengingat switching cost juga gencar dilakukan oleh providerprovider lainnya. Akan tetapi dilihat dari nilai rata-rata yang dimiliki konsumen dengan tipe ini (switcher buyer) yaitu 2,98, yang menunjukkan bahwa konsumen tipe ini bersikap netral terhadap kartu simPATI, maka hal ini dapat dijadikan nilai tambah yang sangat penting bagi strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Telkomsel.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2013 11:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26859 |
Actions (login required)
View Item |