Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Gambar Pada Kelompok B TK Perintis Mongkrong Wonosegoro Tahun Pelajaran 2013/2014

Arifah, Sri Mulyati and , Drs. Joko Suwandi, M.Pd. (2013) Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Gambar Pada Kelompok B TK Perintis Mongkrong Wonosegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3.halaman_depan.pdf

Download (947kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.bab_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
5.bab_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2..naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus anak perlu ditingkatkan, karena kemampuan saat ini baru 42%, padahal kemampuan yang diharapkan mencapai 85%. Salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus adalah dengan menggunakan metode kegiatan menggunting gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjeknya adalah anak didik TK Perintis Mongkrong Wonosegoro kelompok B yang berjumlah 18 anak. Penelitian bersifat kolabor antara peneliti dengan kepala sekolah dan teman sejawat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur maupun tidak terstruktur, catatan lapangan, dan lembar observasi terstruktur.Data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting gambar, dari kemampuan pra siklus yang hanya sebesar 42% meningkat menjadi 71% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Peningkatan motorik halus anak tersebut didukung dengan kegiatan menggunting gambar dan metode belajar sambil bermain.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menggunting gambar dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkembangan motorik halus, kegiatan menggunting gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2013 07:59
Last Modified: 01 Nov 2021 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26783

Actions (login required)

View Item View Item