Atmini, Sri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kayumas Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_044.pdf Download (953kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (187kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kayumas, Jatinom. Klaten yang diperoleh dari pembelajaran menggunakan metode Numbered Heads Together. Subjek dalam penelitian adalah guru, kolaborator, dan siswa kelas V SD Negeri 2 Kayumas, Jatinom, Klaten tahun pelajaran 2013/2014. yang berjumlah 14 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah tindakan kelas dengan langkah dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Analisis data untuk kedua data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap minat belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II.perbandingan juga dilakukan terhadap nilai tes kondisi awal, siklus I dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran menggunakan metode Numbered Heads Together terjadi peningkatan motivasi belajar dengan rincian: a) ketekunan menghadapi tugas dari 20% menjadi 90% pada siklus II, b) keuletan siswa menghadapi kesulitan belajar dari siklus 15% menjadi 81%, c) adanya minat belajar siswa dari 18% menjadi 93%, d) tingkat kesenangan siswa bekerja mandiri dalam belajar dari 15% menjadi menjadi 86%, e) cepat bosan dengan tugas rutin dari 15% menjadi 88%, f) mempertahankan pendapat dari 20% menjadi 86%, g) tidak mudah melepas hal yang diyakini dari 18% menjadi 93%, dan h) senang memecahkan soal-soal dari 20% menjadi 90%, sedangkan rata-rata hasil belajar naik 24,5% dari kondisi awal 63,6 menjadi 84,2. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode numbered heads together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kayumas, Jatinom, Klaten tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, hasil belajar, metode numbered heads together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2013 06:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26778 |
Actions (login required)
View Item |