Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tentang Bangun Datar Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sabranglor Tahun Ajaran 2013/2014

Widayati, Genda and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tentang Bangun Datar Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sabranglor Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu bahwa hasil belajar kelas IV dapat ditingkatkan melalui media gambar, terbukti dari hasil analisis diperoleh rata-rata hanya mencapai hasil belajar dari sebelum tindakan 60,41, setelah dilakukan siklus I 63,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 73,75. Dari penelitian diperoleh hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk Klaten melalui hasil tes yang dilakukan di akhir proses pembelajaran. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 32,26% setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 54,84% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,1%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk Klaten tahun 2013/2014. Hasil peningkatan aktifitas siswa menunjukkan peningkatan dari berbagai aktifitas dari nilai 17 menjadi 19, 14 menjadi 16, 12 menjadi 14, 16 menjadi 17 dan 20 menjadi 23.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media ganbar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2013 06:41
Last Modified: 27 Oct 2021 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26777

Actions (login required)

View Item View Item