Peningkatan Kerjasama Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Barenglor Klaten Utara Tahun 2013/2014

Rahmawati, Dwi Sari and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Kerjasama Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Barenglor Klaten Utara Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_031.pdf

Download (878kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Model Talking Stick dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pelaksanaan dan refleksi. Pembelajaran Model Talking Stick adalah media pembelajaran yang berupa stik bambu yang diisi dengan pertanyaan yang ditulis dalam kertas kecil dan diselipkan ke dalam bambu, kemudian stik bambu diputar secara bergilir kesetiap kelompok dengan menyanyikan sebuah lagu yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kerjasama belajar siswa kelas V SDN 3 Barenglor tahun 2013/2014 pada pembelajaran IPS dengan model Talking Stick pada materi Peninggalan Pada Masa Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia mengalami peningkatan, yang dilihat dari aspek : a) kerjasama mengeluarkan pendapat pada siklus 1 adalah 56,41% meningkat menjadi 89,74%. b) keaktifan berdiskusi pada siklus 1 adalah 79,48% meningkat menjadi 92,30% dan c) keberanian menjawab pertanyaan pada siklus 1 adalah 30,76% meningkat menjadi 82,05%. (2) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Barenglor mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil pencapaian nilai KKM yaitu pada siklus pertama 66,66% meningkat menjadi 100% pada siklus kedua. Dengan demikian hipotesis tindakan adalah: Dengan penerapan pembelajaran Model Talking Stick dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Barenglor Klaten Utara dapat teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2013 06:33
Last Modified: 27 Oct 2021 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item