Suyahti , Suyahti (2013) Peningkatan Kemampuan Perilaku Sosial Emosional Melalui Kegiatan Pembiasaan Merawat Diri Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Gladagsari Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (676kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
|
PDF (Nakah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_LENGKAP.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian peningkatan kemampuan perilaku sosial emosional melalui kebiasaan merawat diri adalah untuk mencapai perkembangan kemampuan anak secara optimal.Pencapaian ini dengan bantuan orang-orang yang ada di lingkunganya.Untuk mencapai tujuan tersebut harus ada program terencana untuk mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi anak, kepribadian, keterampilan, dan budi pekerti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Gladagsari Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat.Data tentang penenrapan perilaku sosial emosional dikumpulkan melalui catatan lapangan.Sedangkan data mengenai kebiasaan merawat diri dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara diskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.Sedangkan validitas data dengan triangulasi.Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif dan kritis. Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatkan kemampuan perilaku sosial emosional pada anak dengan melakukan kegiatan pembiasaan merawat diri. Pada kondisi awal (pra siklus) prosentase kemampuan perilaku sosial emosional pada anak adalah 40,23%, dan pasca siklus I meningkat menjadi 60,16%, kemudian pasca siklus II mencapai 84,77%. Jadi kesimpulanya adalah kegiatan pembiasaan merawat diri dapat meningkatan kemampuan perilaku sosial emosional pada anak kelompok B TK Pertiwi Gladagsari Ampel tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan perilaku sosial emosional, kebiasaan merawat diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 12:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2013 12:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26773 |
Actions (login required)
View Item |