Peningkatan Kemampuan Perilaku Sosial Emosional Melalui Kegiatan Pembiasaan Merawat Diri Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Gladagsari Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Suyahti , Suyahti (2013) Peningkatan Kemampuan Perilaku Sosial Emosional Melalui Kegiatan Pembiasaan Merawat Diri Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Gladagsari Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Nakah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_LENGKAP.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian peningkatan kemampuan perilaku sosial emosional melalui kebiasaan merawat diri adalah untuk mencapai perkembangan kemampuan anak secara optimal.Pencapaian ini dengan bantuan orang-orang yang ada di lingkunganya.Untuk mencapai tujuan tersebut harus ada program terencana untuk mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi anak, kepribadian, keterampilan, dan budi pekerti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Gladagsari Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat.Data tentang penenrapan perilaku sosial emosional dikumpulkan melalui catatan lapangan.Sedangkan data mengenai kebiasaan merawat diri dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara diskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.Sedangkan validitas data dengan triangulasi.Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif dan kritis. Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatkan kemampuan perilaku sosial emosional pada anak dengan melakukan kegiatan pembiasaan merawat diri. Pada kondisi awal (pra siklus) prosentase kemampuan perilaku sosial emosional pada anak adalah 40,23%, dan pasca siklus I meningkat menjadi 60,16%, kemudian pasca siklus II mencapai 84,77%. Jadi kesimpulanya adalah kegiatan pembiasaan merawat diri dapat meningkatan kemampuan perilaku sosial emosional pada anak kelompok B TK Pertiwi Gladagsari Ampel tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan perilaku sosial emosional, kebiasaan merawat diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 12:40
Last Modified: 15 Nov 2013 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26773

Actions (login required)

View Item View Item