Wikadarningsih, Sri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV S Negeri I Mranggen, Jatinom Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (407kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (179kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri I Mranggen, Jatinom, Klaten yang diperoleh dari pembelajaran jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti, kolaborator/teman sejawat) dan siswa kelas IV SD Negeri I Mranggen, Jatinom, Klaten yang berjumlah 14 siswa, dengan rincian laki-laki 10 dan perempuan 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap minat belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II.perbandingan juga dilakukan terhadap nilai tes kondisi awal, siklus I dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar yang menunjukkan adanya kemajuan dari kondisi awal rata-rata minat sebesar 52,4 kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I rata-rata minat siswa menjadi 70,5 dan setelah tindakan pada siklus II rata-rata minat siswa menjadi 90,5. Peningkatan nilai hasil evaluasi belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir: nilai terendah naik 34% dari 50 pada kondisi awal menjadi 76 pada kondisi akhir, nilai tertinggi naik 14% dari 80 pada kondisi awal menjadi 93 pada kondisi akhir, dan ketuntasan naik 79% dari 21% pada kondisi awal menjadi 100% pada kondisi akhir (silkus II). Dengan bukti penghitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Mranggen, Jatinom, Klaten tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar IPA, Metode Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 12:32 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26771 |
Actions (login required)
View Item |