RISMIYATI, RISMIYATI (2008) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040150.pdf Download (976kB) |
|
PDF
A410040150.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RME yang berakibat adanya perbedaan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bilangan di Sekolah Dasar kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester 2 SD N Gumpang I Kartasura tahun pelajaran 2007 / 2008. Sampel diperoleh dengan teknik random sampling berkelompok diperoleh 20 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan metode liliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5 % disimpulkan : (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran RME yang berakibat adanya perbedaan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, dengan t hitung = 2,540 (2) prestasi belajar siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang mendapatkan perlakuan dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa metode pendekatan RME lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran RME, konvensional, prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2009 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 21:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2677 |
Actions (login required)
View Item |