EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V

RISMIYATI, RISMIYATI (2008) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME PADA POKOK BAHASAN BILANGAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040150.pdf

Download (976kB)
[img] PDF
A410040150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RME yang berakibat adanya perbedaan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bilangan di Sekolah Dasar kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester 2 SD N Gumpang I Kartasura tahun pelajaran 2007 / 2008. Sampel diperoleh dengan teknik random sampling berkelompok diperoleh 20 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan metode liliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5 % disimpulkan : (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran RME yang berakibat adanya perbedaan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, dengan t hitung = 2,540 (2) prestasi belajar siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang mendapatkan perlakuan dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa metode pendekatan RME lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran RME, konvensional, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:37
Last Modified: 16 Nov 2010 21:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item