Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Sukoharjo Tahun pelajaran 2013/2014

Rusnawati, Sri and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Sukoharjo Tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA dengan metode The Power Of Two. Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Sukoharjo yang berjumlah 16 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok dan metode bantu. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa mengajukan pertanyaan pada pra siklus 37,5 % pada siklus I menjadi 56,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan pada pra siklus 43,75% pada siklus I menjadi 68,75% dan siklus ke II meningkat menjadi 87,5%, keaktifan siswa maju ke depan pada pra siklus 31,25% pada siklus I menjadi 62,5% dan siklus ke II meningkat menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan hendaknya guru mencoba metode The Power Of Two untuk meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode The Power Of Two, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 11:29
Last Modified: 26 Oct 2021 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26763

Actions (login required)

View Item View Item