Permatasari, Dhian and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Dengan Metode Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (455kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (614kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan be rdasarkan makanannya dengan metode Index Card Match pada siswa kelas IV semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Segaran beserta guru kelas IV sekaligus peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya de ngan metode Index Card Match pada siswa kelas IV. Peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar dilihat dari aspek keberanian bertanya jumlah siswa sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,43%) dari jumlah siswa kelas IV, kemudian meningkat 9 siswa (32,14%) pada siklus I menjadi 15 siswa (53,57%), pada siklus II siswa yang berani bertanya sebanyak 23 siswa (82,14%) atau meningkat sebesar 8 siswa (28,57%) dari siklus I. Sedangkan pada aspek hasil belajar jumlah siswa sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (28,57%) dari jumlah siswa kelas IV, kemudian meningkat 10 siswa (35,71%) pada siklus I menjadi 18 siswa (64,28%), pada siklus II hasil belajar siswa sebanyak 24 siswa (85,71%) atau meningkat sebesar 6 siswa (21,43%) dari siklus I. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Index Card Match, keberanian bertanya, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 11:23 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26762 |
Actions (login required)
View Item |