Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Dengan Metode Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014

Permatasari, Dhian and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya Dengan Metode Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan be rdasarkan makanannya dengan metode Index Card Match pada siswa kelas IV semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Segaran beserta guru kelas IV sekaligus peneliti sebagai perancang dan pelaku tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya de ngan metode Index Card Match pada siswa kelas IV. Peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar dilihat dari aspek keberanian bertanya jumlah siswa sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,43%) dari jumlah siswa kelas IV, kemudian meningkat 9 siswa (32,14%) pada siklus I menjadi 15 siswa (53,57%), pada siklus II siswa yang berani bertanya sebanyak 23 siswa (82,14%) atau meningkat sebesar 8 siswa (28,57%) dari siklus I. Sedangkan pada aspek hasil belajar jumlah siswa sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (28,57%) dari jumlah siswa kelas IV, kemudian meningkat 10 siswa (35,71%) pada siklus I menjadi 18 siswa (64,28%), pada siklus II hasil belajar siswa sebanyak 24 siswa (85,71%) atau meningkat sebesar 6 siswa (21,43%) dari siklus I. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV semester I SD Negeri 1 Segaran Tahun Pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Index Card Match, keberanian bertanya, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 11:23
Last Modified: 26 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26762

Actions (login required)

View Item View Item