Rahayu, Endah Septiani and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Role Reversal Questions Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ronggojati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (543kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui penerapan strategi Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Ronggojati yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas V SD Negeri 1 Ronggojati. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 29,15% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 47,90% dan siklus II adalah 72,91%. Siswa yang mencapai daya serap ≥55 sebelum tindakan 29,15% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,83% dan siklus II adalah 87,5%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Reversal Questions, Keaktifan, hasil belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 10:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 10:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26757 |
Actions (login required)
View Item |