Peningkatan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV SD Jatiyoso 1 Kec. Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Wibawa, Agus and , Dr. Samino, M.M and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV SD Jatiyoso 1 Kec. Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (181kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat melalui pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode tip e NHT pada siswa kelas IV SD N 01 Jatiyoso, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Subyek dari penelitian tindakan kelas yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas IV semester 2 SDN 01 Jatiyoso dengan obyek penelitian yang digunakan adalah kemampuan siswa dalam berhitung bilangan bulat, karena data yang diperoleh berupa data yang langsung dicatat dari kegiatan yang dilakukan dilapangan, maka digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi langsung, wawancara, test, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi data dan triagulasi metode dan menggunakan teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang digunakan oleh peneliti data disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD N 01 Jatiyoso Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan prosentase ketuntasan 53,57% meningkat menjadi 64,29% pada siklus I, pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 78,75% sedangkan pada siklus III prosentase ketuntasan menjadi 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung; Pembelajaran Kooperatif; dan Tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2013 08:06
Last Modified: 01 Nov 2021 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item