Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Mundu Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

WARYANTI, WARYANTI and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2013) Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Mundu Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca dengan papan flanel pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mundu Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Diharapkan dengan bermain papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mundu Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan tindakan Penerapan media papan flanel dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik, hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata prosentase kemampuan membaca dari sebelum tindakan 39% pada siklus I mencapau 67% dan pada akhir siklus II mencapai 81%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, dari hipotesis yang menyatakan bahwa diduga dengan bermain papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mundu Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014, ini terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan membaca, papan flanel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:52
Last Modified: 01 Nov 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26746

Actions (login required)

View Item View Item