Purwantini, Purwantini and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd (2013) Pengembangan Kemandirian Melalui Penerapan Teknik Scaffolding pada Anak Kelompok A di Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
01_COVER.pdf Download (351kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02__BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
09_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (464kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemandirian anak melalui teknik scaffolding pada anak kelompok A Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa kemandirian anak tergolong rendah. Persentase pencapaian ketuntasan sebanyak 4 anak (20%). Setelah dilakukan tindakan dengan teknik scaffolding pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 10 anak (50%). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan rencana pembelajaran pada tindakan siklus II, kemandirian anak semakin berkembang pesat. Persentase pencapaian ketuntasan menjadi 17 anak (85%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Teknik scaffolding dapat mengembangkan kemandirian anak kelompok A di Bustanul Athfal „Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, teknik scaffolding. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 12:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26744 |
Actions (login required)
View Item |