Pengembangan Kemampuan Berbahasa melalui Permainan Kartu Bergambar di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Basin 1 pada Anak Kelompok A Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2013-2014

Nurrohmah, Siti (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa melalui Permainan Kartu Bergambar di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Basin 1 pada Anak Kelompok A Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_ARTIKEL_PUBLIKASI_.pdf

Download (312kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan kartu bergambar anak kelompok A di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Basin 1 Kebonarum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitiann ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara kepala sekolah yang merangkap sebagai guru dengan peneliti. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak kelompok A di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Basin 1 Kebonarum, dengan jumlah 33 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan daftar cek (check list), pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perkembangan kemampuan berbahasa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan berbahasa sebesar 57,9%, setelah diadakan perbaikan mengalami perkembangan pada siklus I yaitu sebesar 76,3%. Hasil tersebut meningkat lagi setelah diadakan tindakan siklus II dengan persentase sebesar 90,2%. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal Basin 1 Kebonarum KlatenTahun Ajaran 2013-2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berbahasa, permainan kartu bergambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 11:33
Last Modified: 14 Nov 2013 13:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item