SULISTIANI, ANIK and , Dra. Surtikanti, SH. M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di BA ’Aisyiyah Mireng 1 Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (422kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (516kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan rasa percaya diri anak melalui metode bermain peran pada anak kelompok B di TK BA Aisyiyah Mireng I Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali siklus dengan tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK BA Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 17 anak . Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi .Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya perkembangan kemampuan rasa percaya diri anak pada TK BA Aisyiyah Mireng I Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan perkembangan kemampuan rasa percaya diri anak yang mempunyai perkembangan yang baik dalam kemampuan rasa percaya diri. Prosentase rata-rata kemampuan rasa percaya diri anak berkembang dengan baik peningkatan pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan rasa percaya diri sebesar 34%, siklus I sebesar 64%, siklus II 76%, siklus III sebesar 85%. Dengan demikian, penggunaan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan rasa percaya diri anak TK BA A isyiyah Mireng I Trucuk Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam rasa percaya diri,, bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 11:52 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26697 |
Actions (login required)
View Item |