Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Kelompok B Di 5 Paud Di Wilayah Desa Wonorejo - Gondangrejo - Karanganyar Tahun 2013

Permatasari, Heronita and , Dr. Darsinah, SE, M.Si (2013) Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Kelompok B Di 5 Paud Di Wilayah Desa Wonorejo - Gondangrejo - Karanganyar Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (961kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (976kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B di 5 PAUD di Wilayah Desa Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar yaitu PAUD Rumah Bunda, PAUD Harapan Umat, TK Islam Assalam, TK Bakti VII, dan TK Putra Utama. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data perhatian orang tua dan data perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak. Data perhatian orang tua diperoleh dengan metode angket sedangkan data perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak diperoleh dengan metode observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment (r) melalui penghitungan komputer dengan program SPSS (Statistical Products and Solution Services) versi 19. Penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua mempunyai hubungan dengan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak, terbukti dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan bahwa rhitung = 0.697 > rtabel yaitu 0,230 dan signifikansi .sig = 0.000 < 0.05. Melihat hasil perhitungan tersebut maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak Kelompok B di 5 PAUD di Wilayah Desa Wonorejo - Gondangrejo - Karanganyar. Arah hubungan menunjukkan adanya korelasi tinggi positif, yang artinya ada hubungan yang erat antara perhatian orang tua dengan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak, semkin intensif perhatian orang tua maka semakin baik pula perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak. Besarnya hubungan sendiri dapat dilihat dari angka hasil perhitungan dengan komputer yaitu sebesar 0.697 yang artinya antara perhatian orang tua dengan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak mempunyai hubungan yang cukup besar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:41
Last Modified: 26 Oct 2021 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item