Upaya Peningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok Pada Kelompok B TK Pertiwi Kadilajo Karangnongko Klaten Semester 11 Tahun Ajaran 2012/2013

Damayanti, Diah and , Drs.Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD and , Choiriah Widyasari,S.Psi,M.Psi (2013) Upaya Peningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok Pada Kelompok B TK Pertiwi Kadilajo Karangnongko Klaten Semester 11 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok kelompok B di TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan kelompok B TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan kognitif dan data tentang prosedur pembelajaran permainan balok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan balok dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan balok dan catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mencatat semua kejadian yang terjadi diluar perencanaan atau pencatatan permasalahan-permasalahan yang muncul pada waktu dilaksanakan kegiatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan balok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK Tambakboyo Pedan Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 38,33%, siklus I mencapai 53,54 %, siklus II mencapai 66,45 %, dan pada siklus III mencapai 77,70%. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, permainan, balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:21
Last Modified: 26 Oct 2021 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item