Pengembangan Kemandirian Anak Melalui Metode Demonstrasi Untuk Anak Di TK Pertiwi I Canden Sambi Boyolali Tahun 2013

Yuliani, Dwi Wahyu and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Pengembangan Kemandirian Anak Melalui Metode Demonstrasi Untuk Anak Di TK Pertiwi I Canden Sambi Boyolali Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NSKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangkan kemandirian melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Keabsahan data diperiksa dengan teknik trianggulasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Subyek penelitian anak TK Pertiwi 1 Canden, dengan banyak anak didik 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan dengan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemandirian anak. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 2,3, siklus II adalah 2,6, dan siklus III 3,2. Pencapaian pada siklus I, siklus II, dan siklus III ada 8 anak, 12 anak, 15 anak atau prosentasenya adalah 44%, 67%, 83%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan perkembangan kemandirian anak di TK Pertiwi 1 Canden, Sambi, Boyolali tahun 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kemandirian,Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2013 11:58
Last Modified: 26 Oct 2021 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26667

Actions (login required)

View Item View Item