Upaya Mengembangkan Sikap Kooperatif Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak TK Desa Karangrejo 01 Kelompok A Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

SAFITRI, ZUNI GILANG and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono (2013) Upaya Mengembangkan Sikap Kooperatif Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak TK Desa Karangrejo 01 Kelompok A Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap kooperatif anak melalui kegiatan bermain peran pada kelompok A di TK Desa Karangrejo 01, Ngasem, Karangrejo, Kerjo, Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penerima tindakan adalah anak kelompok A. Pelaksana tindakan adalah Peneliti, sedangkan guna kelas bertindak sebagai kolabolator. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil Penelitian ini menunjukan adanya pengembangan sikap kooperatif anak dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bermain peran. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase sikap kooperatif anak, sebelum tindakan rata rata kelas 10,05 dengan prosentase 43,5%. Peningkatan siklus I nilai rata rata kelas 16 dengan prosentase 67,5%. Peningkatan pada siklus II nilai rata rata kelas 20,25 dengan prosentase 84%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan dengan bermain peran dapat meningkatkan sikap kooperatif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap kooperatif, bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2013 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

View Item View Item