Upaya Meningkatkan Motivasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Tipe Card Sort ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit 2013/2014 )

Kusumo, Purbo and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Aktif ( Active Learning ) Tipe Card Sort ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran aktif (Active Learning) pada tipe Card Sort pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan pendekatan analisis komparatif dan pendekatan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dalam pembelajaran matematika pada model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu : 1) kesiapan siswa mengikuti proses belajar mengajar sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (28,57%) dan setelah tindakan sebanyak 23 siswa (71,42%), 2) kemampuan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (25%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (75%), 3) kemampuan siswa menganalisis masalah sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (32,14%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (75%), 4) kemampuan mengerjakan soal latihan secara mandiri sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (17,86%) dan setelah tindakan sebanyak 24 siswa (85,71%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif (Active Learning) pada tipe Card Sort dapat meningkatkan motovasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif, Strategi Card Sort, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Nov 2013 12:00
Last Modified: 02 Nov 2021 23:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item View Item