Riana, Rini and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (564kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (566kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji : (1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi pengaruh kedisiplinan belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2012/2013 Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalur sel tak sama. Dari hasil penelitian dengan menggunakan α= 5% diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 2,175 < Ftabel = 4,05. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 28,338 > Ftabel = 3,20. (3) tidak terdapat interaksi antara jenis kelamin dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 0,217 < Ftabel = 3,20. Karena terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, maka dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perbedaan rerata antar kategori. Dari hasil uji lanjut pasca anava diperoleh: (1) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan sedang, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 38,26 < Ftabel = 6,40. (2) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan rendah, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 53,77 > Ftabel = 6,40. (3) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 6,74 > Ftabel = 6,40.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jenis Kelamin, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 10:38 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26597 |
Actions (login required)
View Item |