Wulandari, Rinitya and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si (2013) Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Intensitas Belajar Dan Lingkungan Sosial Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMS Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (586kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (616kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh intensitas belajar dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nogosari Tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=53,399+0,182X1+0,246X2, artinya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh intensitas belajar dan lingkungan sosial. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) intensitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel intensitas belajar sebesar 2,717 dan ttabel sebesar 1,990 sehingga thitung > ttabel atau 2,717 > 1,990 dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05. (2) Lingkungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel lingkungan sosial sebesar 3,664 dan ttabel sebesar 1,990 sehingga thitung > ttabel atau 3,664 > 1,990 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Intensitas belajar dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Nogosari Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 16,880 dan Ftabel sebesar 3,113 sehingga Fhitung > Ftabel atau 16,880 > 3,113 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,302 dengan kontribusi intensitas belajar sebesar 11,93% dan kontribusi lingkungan sosial sebesar 18,27%, berarti 30,2% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel intensitas belajar dan lingkungan sosial, sisanya sebesar 69,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas belajar, lingkungan sosial, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Nov 2013 08:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 01:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26588 |
Actions (login required)
View Item |