SEFTIANA, RISQI and , Dra. Surtikanti, SH, M. Pd and , Drs. Djaelani, M. Pd (2013) Pengembangan Penguasaan Melalui Permainan TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Konsep Bilangan Dan Membilang Puzzle Pada Anak Kelompok B Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penguasaan konsep bilangan dan membilang melalui permainan puzzle pada anak kelompok B TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Karanganyar. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Tuban yang berjumlah 27 anak. Data kemampuan kognitif dalam penguasaan konsep bilangan dan membilang dikumpulkan dengan metode observasi dan data pelaksanaan metode bermain puzzle dikumpulkan dengan metode observasi dan catatan lapangan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil amatan dengan indicator pencapaian setiap siklus dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep bilangan dan membilang melalui permainan puzzle. Hasil penelitian dari pra siklus mencapai ketuntasan 40,7% atau sebanyak 12 anak, siklus I mencapai 51,6% atau sebanyak 17 anak, siklus II mencapai 68,9% atau sebanyak 22 anak, dan siklus III mencapai 85,4% atau sebanyak 24 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle dapat mengembangkan penguasaan konsep bilangan dan membilang pada anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep bilangan, membilang, permainan puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 12:16 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26566 |
Actions (login required)
View Item |