Pengembangan Penguasaan Melalui Permainan TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Konsep Bilangan Dan Membilang Puzzle Pada Anak Kelompok B Tahun Pelajaran 2012/2013

SEFTIANA, RISQI and , Dra. Surtikanti, SH, M. Pd and , Drs. Djaelani, M. Pd (2013) Pengembangan Penguasaan Melalui Permainan TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Konsep Bilangan Dan Membilang Puzzle Pada Anak Kelompok B Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penguasaan konsep bilangan dan membilang melalui permainan puzzle pada anak kelompok B TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Karanganyar tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Tuban Gondangrejo Karanganyar. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Tuban yang berjumlah 27 anak. Data kemampuan kognitif dalam penguasaan konsep bilangan dan membilang dikumpulkan dengan metode observasi dan data pelaksanaan metode bermain puzzle dikumpulkan dengan metode observasi dan catatan lapangan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil amatan dengan indicator pencapaian setiap siklus dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep bilangan dan membilang melalui permainan puzzle. Hasil penelitian dari pra siklus mencapai ketuntasan 40,7% atau sebanyak 12 anak, siklus I mencapai 51,6% atau sebanyak 17 anak, siklus II mencapai 68,9% atau sebanyak 22 anak, dan siklus III mencapai 85,4% atau sebanyak 24 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle dapat mengembangkan penguasaan konsep bilangan dan membilang pada anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep bilangan, membilang, permainan puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:16
Last Modified: 26 Oct 2021 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26566

Actions (login required)

View Item View Item