Sari, Desi Retno and , Drs. Haryono Yuwono, SE. and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Anak Di TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (205kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri siswa kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran rasa percaya diri pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok B pada TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda t test. Pengerjaan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 15.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri pada anak kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 14,642 > 2,080 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya terdapat perbedaan rasa percaya diri anak sebelum dan sesudah pembelajaran bermain peran. Nilai rata-rata rasa percaya diri anak setelah eksperimen mencapai 35,364, lebih tinggi dibandingkan sebelum eksperimen yang hanya mencapai 27,136. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bermain peran berpengaruh positif terhadap peningkatan rasa percaya diri pada anak TK.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rasa Percaya Diri, Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2013 13:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26490 |
Actions (login required)
View Item |