Pamungkas, Tri Laksono Adi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran “Creative Problem Solving” Dengan Media Video Compact Disk (PTK Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Surakarta I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (852kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Creatif Problem Solving media video compact disk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Surakarta I yang berjumlah 35. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan lain untuk solusi permasalahan yang ada 74,28%; 2) siswa yang berani untuk menemukan solusi baru 65,71%; 3) siswa yang mampumengidentifikasi unsurunsur yang diketahui, ditanyakan 77,14%; 4) siswa yang mampu merumuskan masalah matematika matematika 71,42%; 5) siswa yang mampu menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah 68,57%; 6) siswa yang mampu menjelaskan hasil permasalahan 68,57%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model Creative Problem Solving media VCD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreatifitas, Creative Problem Solving, VCD, kemampuan, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Oct 2013 07:06 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26471 |
Actions (login required)
View Item |