Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Mts Negeri Manyaran Tahun 2012/2013

Untari, Dwi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Mts Negeri Manyaran Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan strategi Contextual Teaching and Learning unuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika bagi siswa MTs Negeri Manyaran. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri Manyaran yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data mengunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil peelitian penerapan strategi CTL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu a) siswa mampu mengidentifikasi masalah meningkat 71.88%, b) siswa mampu menerapkan berbagi strategi untuk menyelesaikan masalah meningkat 65.63%, c) siswa yang mampu mengembangkan proses pemecahan masalah meningkat 65.63%, d) siswa yang mampu menyelesaikan masalah meningkat 78.13%. Peningkatan hasil belajar matematika meningka 90.63%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL; hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:56
Last Modified: 02 Nov 2021 23:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item View Item