Untari, Dwi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Mts Negeri Manyaran Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (917kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan strategi Contextual Teaching and Learning unuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika bagi siswa MTs Negeri Manyaran. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri Manyaran yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data mengunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil peelitian penerapan strategi CTL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu a) siswa mampu mengidentifikasi masalah meningkat 71.88%, b) siswa mampu menerapkan berbagi strategi untuk menyelesaikan masalah meningkat 65.63%, c) siswa yang mampu mengembangkan proses pemecahan masalah meningkat 65.63%, d) siswa yang mampu menyelesaikan masalah meningkat 78.13%. Peningkatan hasil belajar matematika meningka 90.63%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL; hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 01 Oct 2013 12:56 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26435 |
Actions (login required)
View Item |