Nugrahanti, Fajar Ardha and , Ir. Listyani Hidayati, M.Kes and , Ahmad Farudin, SKM, M.Si (2013) Perbedaan Persepsi Tentang Anemia Antara Siswa Anemia dan Non Anemia di SD Negeri Banyuanyar III Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (299kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (272kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
Abstract
Pendahuluan. Anemia defisiensi besi merupakan anemia yang terjadi akibat kekurangan zat besi dalam darah, artinya konsentrasi hemoglobin dalam darah berkurang. Anemia pada anak usia sekolah dapat berakibat anak menjadi lesu, cepat lelah, tidak bersemangat, sulit berkonsentrasi yang berakibat pada prestasi belajar dan mudah sakit. Persepsi siswa tentang anemia yang benar diharapkan dapat merubah perilaku makan yang salah berkaitan dengan kejadian anemia di lingkup anak sekolah dasar. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi tentang anemia antara siswa anemia dan non anemia di SD Negeri Banyuanyar III Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Metode Penelitian. Jenis penelitian adalah observasional bersifat deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan subjek menggunakan stratified random sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 60 subjek. Data kadar hemoglobin diperoleh dengan menggunakan metode cyanmethemoglobin dengan alat hemocue. Data persepsi anemia diperoleh dengan menggunakan kuesioner pada 60 subjek dan wawancara mendalam pada 9 subjek. Data dianalisis menggunakan uji beda yaitu independent t-test, sedangkan data wawancara dianalisis menggunakan analisis tema dan analisis isi disajikan dalam bentuk narasi. Hasil. Dari 60 subjek penelitian yang terdiri dari 30 siswa anemia dan 30 siswa non anemia didapatkan siswa anemia yang memiliki persepsi anemia benar sebanyak 46,67% dan persepsi anemia salah sebanyak 53,33%, sedangkan pada siswa tidak anemia kategori persepsi anemia benar sebanyak 70% dan kategori persepsi anemia salah sebanyak 30%. Hasil uji statistik diperoleh ada perbedaan persepsi tentang anemia antara siswa anemia dan non anemia (p=0,001). Kesimpulan. Ada perbedaan persepsi tentang anemia antara siswa anemia dan non anemia di SD Negeri Banyuanyar III Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anemia, Persepsi Anemia |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 01 Oct 2013 12:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26427 |
Actions (login required)
View Item |