Lilianti, Lilianti and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Phil. Dewi Candraningrum, M.Ed. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning Di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (265kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (771kB) |
|
|
PDF (Bab I)
CHAPTER_1.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Bab II)
CHAPTER_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab III)
CHAPTER_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
CHAPTER_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab V)
CHAPTER_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian secara umum mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran biologi berbasis CTL di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran biologi berbasis CTL di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Informan: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dua orang guru biologi dan tiga orang siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data. Hasil penelitian, (1) perencanaan pembelajaram biologi diwujudkan dalam bentuk RPP. Sistematika RPP yaitu: apersepsi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Strategi pembelajatan kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan dan laboratorium sekolah. (2) pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis kontekstual dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal pembelajaran, tahap penyampaian inti pembelajaran, dan tahap akhir pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran guru memberikan test lisan atau test tertulis saja pada beberapa siswa. Pada tahap inti guru melakukan kegiatan elaborasi, eksplorasi, dan konfirmasi tentang pemahaman siswa terhadap materi sebelumnya dan mencoba mengaitkan dengan materi yang akan disampaikan. Pada tahap akhir guru dan siswa menyimpulkan bersama‐sama materi yang sudah diajarkan. (3) evaluasi dalam proses pembelajaran dilakukan secara menyeluruh yaitu pre test, proses pembelajaran, dan pos test. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pembelajaran kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 08:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 04:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26397 |
Actions (login required)
View Item |