Yunitawati, Azizah Malikha and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2013) Penyimpangan Prinsip Kerja Sama Dan Prinsip Kesopanan Wacana Kartun Pada Buku Politik Santun Dalam Kartun Karya Muhammad Mice Misrad. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Mengidentifikasi bentuk penyimpangan prinsip kerja sama wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad, (2) mendeskripsikan bentuk penyimpangan prinsip kesopanan wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad, dan (3) mendeskripsikan implementasi penyimpangan prinsip kerja sama dan kesopanan wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku yang berjudul Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad. Datanya berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan wacana baik monolog maupun dialog pada buku Politik Santun dalam Kartun yang memperlihatkan adanya penyimpangan prinsip kerja sama dan penyimpangan prinsip kesopanan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak kemudian ditindaklanjuti dengan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik Hubung Banding Membedakan (HBB) dan teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS). Penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian penyimpangan prinsip kerja sama wacana kartun dalam buku Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad dapat dibagi menjadi 3 aspek. (1) Penyimpangan prinsip kerja sama dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis prinsip kerja sama: (a) maksim kuantitas, (b) maksim relevansi, dan (c) maksim pelaksanaan/cara. Bentuk maksim kuantitas mendominasi penyimpangan prinsip kerja sama. (2) Penyimpangan prinsip kesopanan dapat dikelompokkan menjadi enam jenis prinsip kesopanan: (a) maksim kebijaksanaan, (b) maksim kedermawanan, (c) maksim penerimaan, (d) maksim kerendahan hati, (e) maksim kecocokan, dan (f) maksim kesimpatian. (3) Implementasi penyimpangan prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun karya Muhammad Mice Misrad dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK sebagai berikut. (a) Penyimpangan prinsip kerja sama dan kesopanan wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun, dapat diimpletasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMK, khususnya di kelas X, (b) materi yang disajikan berupa bentuk-bentuk penyimpangan prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan wacana kartun pada buku Politik Santun dalam Kartun, (c) metode yang diterapkan adalah metode percakapan, tanya jawab, dan diskusi, (d) dalam pembelajaran penyimpangan prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan tindak tutur digunakan media berupa modelling, dan (e) proses evaluasi berupa tindak tutur.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penyimpangan prinsip kerja sama, penyimpangan prinsip kesopanan, wacana kartun, implementasi pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2013 10:48 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26366 |
Actions (login required)
View Item |