Kurniati, Anif Yulin and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SD Negeri 1 Sirahan Dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (300kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (827kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab VI)
7._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Pengelolaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien. Pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya jika antara siswa, guru, dan lingkungan belajar saling mendukung. Secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik pengelolaan pembelajaran pendidikan dasar di SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah 1). mendeskripsikan karakteristik siswa dalam belajar, 2). mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam mengajar, 3). mendeskripsikan karakteristik sarana dan prasarana sekolah pasca erupsi Merapi tahun 2010. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian etnografi yang mengambil lokasi di SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang. Sumber data dalam penelitian adalah dokumen, hasil wawancara kepada nara sumber, rekaman suara maupun gambar atau foto. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis, direduksi , disusun penyajian data, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut : 1). Aktivitas siswa dalam belajar pasca erupsi Merapi dapat berjalan dengan optimal jika lingkungan belajar kondusif. 2). Aktivitas guru dalam mengajar pasca erupsi Merapi dapat berjalan dengan optimal jika lingkungan mengajar kondusif. 3). Sarana prasarana sekolah pasca erupsi Merapi menunjang proses belajar mengajar jika cepat dibangun lagi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, pendidikan dasar, erupsi Merapi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2013 05:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26355 |
Actions (login required)
View Item |